Informasi Pencegahan Flu Baru H1N1

Pada tanggal 11 Juni 2009, Organisasi kesehatan internasional WHO telah menetapkan tingkat pandemi 6 untuk penyebaran Flu baru H1N1 (atau Flu Babi atau Flu Meksiko). Ini merupakan tingkat pandemi tertinggi yang menunjukkan bahwa telah terjadi penyebaran virus secara internasional.

Influensa baru H1N1 merupakan influensa (flu) yang disebabkan oleh virus influensa tipe A subtipe H1N1 Baru strain Meksiko. Virus ini tidak ada kaitannya dengan virus influensa musiman yang ada selama ini (seasonal influenza).

Cara Penularan:

Virus dapat menular dari manusia ke manusia semudah seperti flu musiman biasa. Masa Inkubasi berkisar antara 1-7 hari, sedangkan masa penularan berkisar antara 1 hari sebelum mulai sakit (onset) sampai 7 hari setelah onset. Namun puncak dari virus shedding (pengeluaran virus) terjadi pada beberapa hari pertama sakit.

Cara penularan penyakit melalui kontak langsung dengan penderita Flu H1N1 baik karena berbicara, terkena percikan batuk atau bersin (“Droplet Infection”). Penularan virus melalui kontak dengan benda yang terkontaminasi virus dapat terjadi, walaupun belum ada dokumentasi tentang hal tersebut.

Gejala Flu Baru H1N1

Gejala flu baru H1N1 dapat sama dengan seperti flu biasa (influenza like-illnes), seperti


v demam (> 38oC),

v batuk, pilek,

v letih, lesu,

v sakit tenggorokan

v mungkin disertai mual, muntah dan diare,


bila kondisi semakin berat akan mengakibatkan sesak napas atau napas sesak yang menyebabkan terjadinya pneumonia yang mengakibatkan kematian.

0 Responses to "Informasi Pencegahan Flu Baru H1N1"